CARA MEMPERCEPAT KONEKSI WIFI DENGAN MUDAH

Diposting pada

Liputan6.com, Jakarta Ketika harus melakukan work from home (WFH), tentu koneksi internet yang lambat bisa mempersulit pekerjaan ataupun aktivitas kita sehari-hari. Jika pekerjaan terhambat, maka suasana hati pun akan ikut buruk.

Koneksi WiFi yang lambat kadang kala juga bisa membuat orang menjadi tertekan dan semakin penat bekerja di rumah. Mencari cara mempercepat koneksi wifi bisa menjadi sebuah solusi yang dibutuhkan saat ini.

Koneksi internet wifi yang lambat sebenarnya disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satu cara mempercepat koneksi wifi yang efektif adalah dengan mengecek pemasangan router, sudah tepat atau belum.

Kemudian cara mempercepat koneksi wifi lainnya adalah dengan melakukan speed test. Sehingga anda bisa mengetahui secara pasti jika ingin menambah bandwith piranti anda.

Berikut ini merupakan 10 cara mempercepat koneksi wifi yang mudah dan efektif dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Kamis (1/10/2020).

Cara Mempercepat Koneksi Wifi

Wi-Fi Router. Foto: Sean MacEntee

1. Posisi router harus tepat

Untuk mempercepat koneksi wifi di rumah anda, maka memastikan posisi router berada di tempat yang tepat merupakan hal pertama yang harus anda lakukan. Meskipun kesannya sepele, namun hal ini bisa memiliki efek yang besar. Posisi router bisa menentukan sampai mana jangkauan sinyal wifi anda. Sehingga penggunaannya bisa lebih efektif.

Jangan letakkan di lantai

Router atau pemancar sinyal harus mendapatkan tempat yang tinggi sehingga bisa menjangkau seluruh bangunan. Jika anda meletakkan router di lantai atau tempat-tempat yang rendah, maka anda bisa kesulitan untuk mendapatkan sinyal wifi. Sehingga membuat koneksi internet anda di rumah menjadi tidak lancar.

Cara Mempercepat Koneksi Wifi

Wi-Fi Router TP Link. Foto: Freepik

3. Letakkan Router di tempat yang tinggi

Agar pemancaran sinyal dari router bisa lebih efektif, anda bisa meletakkannya di tempat yang tinggi. Misalkan saja di atas meja, lemari, atau di pasang di tembok yang tinggi. Sehingga seluruh ruangan anda bisa masuk ke dalam radius pemancaran sinyal perangkat wifi anda.

Taruh Router di dalam rumah

Ketika hendak memasang router, sebaiknya anda pasang di dalam rumah sehingga pancaran sinyalnya tidak sia-sia. Jika router anda letakkan di luar rumah juga bisa terkena resiko hilang atau sinyal malah mengarah ke rumah tetangga anda.

Cara Mempercepat Koneksi Wifi

Linksys EA7500 Max Stream AC1900+ MU-MIMO Gigabit Router. Liputan6.com/Iskandar

5. Jauhkan dari perangkat elektronik yang lain

Salah satu cara mempercepat koneksi wifi adalah dengan menjauhkan router anda dari perangkat elektronik yang lain. Hal ini lantaran masing-masing perangkat elektronik memancarkan gelombang elektromagnetik yang bisa mengganggu kinerja dari router Wifi anda.

6. Atur posisi antena

Agar koneksi wifi Anda lebih lancar, Anda harus memastikan bahwa antena yang ada pada perangkat router Anda berada di posisi vertikal. Dengan posisi tersebut merupakan cara paling efektif untuk memancarkan sinyal dengan baik. Jika posisi antena Anda sudah vertikal, maka bisa membuat sinyal wifi Anda terpancar secara horizontal. Sehingga seluruh ruangan Anda bisa terkena paparan sinyal wifi tanpa harus takut koneksi buruk.

BACA JUGA:  Cara Bikin WhatsApp Centang Satu walau Sudah Dibaca, Gak Ketahuan!

Cara Mempercepat Koneksi Wifi

ilustrasi modem wifi | pexels.com/@burst

7. Periksa kekuatan sinyal

Jika Anda sudah memasang router dengan letak yang benar dan posisi antena yang vertikal. Maka langkah selanjutnya adalah memastikan kekuatan sinyal wifi Anda. Salah satu faktor penyebab koneksi lambat adalah sinyal yang buruk. Sehingga salah satu cara mempercepat koneksi wifi adalah dengan memeriksa kekuatan sinyal.

Anda bisa menginstal beberapa aplikasi misalkan saja Amped atau Cloudcheck. Dengan aplikasi tersebut dapat membantu Anda untuk memetakan dimana saja lokasi yang menerima sinyal yang kuat ataupun lokasi dengan sinyal yang lemah.

Sehingga ketika sedang bekerja Anda bisa menghindari untuk berada di spot atau tempat dengan sinyal wifi yang rendah. Dengan demikian, pekerjaan Anda bisa tuntas tanpa ada gangguan sinyal wifi.

8. Pastikan tak ada yang mencuri sinyal wifi Anda

Semakin banyak perangkat yang terhubung dengan wifi Anda, maka kapasitas kecepatan yang dihasilkan juga akan semakin rendah karena terbagi ke banyak perangkat. Maka dari itu, alangkah lebih baiknya jika Anda memeriksa dan memastikan berapa banyak perangkat yang terkoneksi dengan wifi Anda.

Jika ada perangkat yang tidak Anda kenali, maka Anda bisa mengganti kata sandi wifi. Penggantian kata sandi ini ada baiknya jika dilakukan secara berkala sehingga tak ada orang yang bisa mencuri sinyal wifi Anda.

Cara Mempercepat Koneksi Wifi

Ilustrasi WiFi. (Foto: Istimewa)

9. Atur piranti lunak router

Salah satu cara mempercepat koneksi wifi adalah dengan memasukkan pengaturan khusus kepada piranti lunak router yang Anda miliki. Akses untuk mengubah pengaturan pirantu lunak ini bisa dilakukan melalui IP khusus.

Langkah pertama yakni Anda harus mengecek buku panduan dan bagian bawah router Anda. Ketika Anda sudah masuk ke menu pengaturan, maka ubahlah channel frekuensi router. Jika Anda berada pada channel 14, maka sebaiknya Anda pindah. Channel terbaik biasanya adalah 1,6, dan 11.

Hal ini lantaran channel tersebut biasanya masih jarang digunakan oleh orang. Sehingga dengan menggunakan channel tersebut bisa mengurangi masalah atau minim gangguan karena tidak bersinggungan dengan channel orang lain.

Kemudian Anda juga harus melakukan pemutakhiran firmware. Biasanya dengan melakukan langkah ini bisa memperbaiki kinerja perangkat router.

10. Lakukan speed test

Jika Anda sudah melakukan berbagai cara namun tidak kunjung berhasil juga. Maka Anda harus melakukan speed test agar mengetahui dimana letak masaah koneksi wifi Anda. Jika anda sudah melakukan semuanya, maka bisa jadi letak permasalahan wifi anda pada provider internet.