Petai Raksasa yang Bikin Geger di Banjarnegara

Diposting pada

From @indoflashlight – Fakta-fakta ‘Petai’ Raksasa yang Bikin Geger di Banjarnegara

Misteri ‘petai’ berukuran jumbo yang ditemukan warga Desa Panawaren, Kecamatan Sigaluh, Banjarnegara akhirnya terkuak.

Buah yang mirip dengan petai raksasa berukuran panjang 120 sentimeter ini ternyata bernama Entada.

Entada itu ternyata merupakan tanaman merambat. Meski masih satu ordo dengan petai, buah tanaman entada ini tidak disarankan untuk dikonsumsi. Berbeda dengan petai, tanaman entada ini tidak disarankan untuk dikonsumsi. Namun, belum ada penelitian lebih lanjut terkait buah yang ditemukan di daerah Kecamatan Sigaluh, Banjarnegara itu.

Entada Memiliki rasa pahit dan sengir

Buah tanaman entada ini mirip dengan jengkol lengkap dengan pelindungnya. Hanya isi buah ini berwarna putih. Menurut warga yang pernah menggigitnya buah ini memiliki rasa pahit dan sengir.

Tanaman mirip petai raksasa itu ditemukan di hutan lindung Pringamba 2, Desa Panawaren, Banjarnegara, Jawa Tengah, Indonesia. Tanaman Entada ini tak sengaja ditemukan saat salah seorang pemuda hendak melakukan penanaman pohon di hutan lindung tersebut.

Kepala Resort Konservasi Wonosobo BKSDA Jawa Tengah Adi Antoro mengatakan tanaman Entada ini merupakan tanaman langka. Sebab, tak semua kawasan hutan memiliki jenis tanaman entada ini. Wah semoga segera masuk ke daftar flora Indonesia yang dilindungi ya agar tetap lestari.

#Indonesia #goodnews #goodnewsfromindonesia #gnfirepost #gnfi @ Banjarnegara, Jawa Tengah, Indonesia

BACA JUGA:  CARA DAPATKAN TOKEN LISTRIK GRATIS

Tinggalkan Balasan